PROFIL KIPRa

KIPRa singkatan dari Konsultasi Independen Pemberdayaan Rakyat

Komitmen KIPRa, memfasilitasi masyarakat lokal untuk mengakses berbagai sumber daya guna meningkatkan dan mengembangkan kondisi ekonomi, sosial dan budaya (ekosob) mereka terutama pada hak dasar masyarakat, agar manfaat dari pembangunan bisa diterima adil, proporsional dan berkelanjutan.

Saat ini, KIPRa bekerja di Papua fokus di 4 kabupaten: Jayapura, Kepulauan Yapen, Supiori, Nabire, Manokwari, Keerom, dan 1 kota (jayapura); dengan target penerima manfaat adalah masyarakat di daerah Kampung dan perkotaan.

Tujuan KIPRa, Meningkatkan kualitas, fungsi dan peran masyarakat adat dalam pengelolaan sumberdaya; penguatan akses dan penguatan budaya.

Visi KIPRa, meningkatkan kapasitas, akses terhadap sumberdaya dan memberdayakan kesejahteraan masyarakat  di Papua.

Bagaimana KIPRa mencapai Visi & Tujuannya

  • Sebagai konsultansi independen, KIPRa telah mendukung beberapa kampung untuk mendokumentasikan rencana pembangunan kampung 5 & 6 tahun (RPJMK) mereka, dan memastikan agar kegiatan yang disebutkan dalam dokumen perencanaan kampung berjalan sesuai rencana,
  • KIPRa memberikan bantuan penuh untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di sektor sosial, ekonomi, budaya dan hak dasar melalui pelatihan, pendampingan, fasilitasi, pembuatan sistem informasi dan publikasi, intervensi kebijakan publik berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat.
  • Mencari dukungan dari donor lokal maupun internasional dalam mendukung masyarakat dan pemerintah lokal untuk dapat membantu  pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  • Bekerjasama dengan parapihak yang tidak mengikat.

Pengalaman KIPRa

  • Kurun waktu 19 tahun, KIPRa telah berkerjasama dengan Pemerintah Kampung, Pemerintah Kabupaten, Pronvinsi dan Nasional, CSOs lokal maupun NGO internasional, Masyarakat Adat lokal  dalam hal perencanaan, fasilitasi pelatihan, pendampingan dan advokasi, inovasi model-model pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
  • Dalam menjalankan peran-peran tersebut, KIPRa didukung oleh pemerintah Kampung, Kabupaten/ Kota dan Provinsi. Selain itu, KIPRa juga didukung oleh beberapa kementrian terkait seperti; Kementrian Sosial, Kementrian Desa, Koperasi dan BAPENAS.  
  • Pembiayaan dan penguatan sumberdaya, KIPRa telah didukung dan bekerjasama dengan; pemerintah Kampung, Kabupaten / Kota, pemerintah Provinsi & beberapa Kementrian,  Internasional NGOs, Donor Lokal, Donor Internasional dan Kedutaan-keduataan negara sahabat.

Website KIPRa Papua dapat di akses melalui Aplikasi KIPRa Portal Berbasis Smartphone Android dengan mendownload Aplikasi nya di Menu Aplikasi Download